Loading...

YEFTA ADALAH PEMIMPIN YANG BIJAKSANA (Hakim-Hakim 11:12-28)

YEFTA ADALAH PEMIMPIN YANG BIJAKSANA (Hakim-Hakim 11:12-28)

Yefta adalah seorang yang takut akan Allah, hal itu terbukti dengan ia membawa seluruh perkara yang ia hadapi bersama bangsa Israel kehadapan Tuhan di Mizpa (ayt 11). Ada beberapa hal yang dilakukan Yefta sebagai seorang pemimpin dalam menghadapi masalah yang sedang dihadapi:
1. Mengawali kepemimpinannya atas bangsa Israel terutama menghadapi bani Amon, Yefta mencoba menyelesaikan pertikaian itu dengan berunding. Ia mengutus orang untuk menghadap raja Amon menanyakan apa kesalahan bangsa Israel sehingga mereka menyerang bangsa Israel. Yefta mendapat jawaban bahwa raja Amon menuduh orang Israel mengambil tanah mereka, ketika mereka keluar dari tanah Mesir.
2. Yefta kembali mengutus orang kepada raja Amon dengan pesan bahwa tuduhan raja Amon tidak benar, jadi tidak beralasan raja Amon menyerang orang Israel. Lalu yefta menerangkan bahwa sebenarnya, Allah melarang orang Israel menduduki daerah Amon dan Moab (keturunan Lot, Keponakan Abraham). Karena itu orang Israel berjalan menyusuri perbatasan tanah Moab, lalu menduduki daerah sebelah utara batang air Arnon (yang dahulu memang termasuk daerah moab, tetapi pada waktu itu sudah diduduki atau dikuasai oleh orang Amori) dan bangsa Israel merebutnya dari orang Amori, mereka juga sudah menduduki daerah itu selama 300 tahun.
3. Perundingan itu gagal, sebab raja Amon tetap menuntut orang Israel mengembalikan tanah yang sudah mereka kuasai. Karena perundingan gagal maka Yefta menyerang bani Amon.

Melihat dengan apa yang dilakukan oleh Yefta dalam menyelesaikan masalah sungguh patut menjadi contoh bagi kita:
1.  Untuk menyelesaikan masalah hal pertama yang harus diupayakan dengan jalan damai dan berunding, sebab jika dengan jalan damai/berunding masalah bisa diselesaikan tentu tidak perlu jalan kekerasan/perang. Hal ini sebenarnya menjadi peringatan bagi kita jaman sekarang. Contohnya: melalui media elektronik atau surat kabar kita banyak disuguhkan kabar maraknya tawuran antara pelajar atau sekelompok orang yang saling serang dan kadang kala persoalan pemicunya hanya persoalan sepele atau kecil. Budaya kekerasan sering kali menjadi cara untuk menyelesaikan masalah, budaya damai yaitu membicarakan masalah dengan duduk bersama sudah mulai terkikis. Dan inilah yang harus menjadi keprihatinan gereja, supaya gereja terus menyerukan kepada anggota jemaat agar cinta damai dan hidup dalam kasih dengan sesama. Terutama di dalam keluarga agar menyelesaikan setiap persoalan dengan cara membicarakannya baik-baik dan dalam suasana damai, agar dapat menjadi contoh bagi anak-anak kita.
2.  Dari cara Yefta menyelesaikan persoalan kita bisa katakan bahwa ia adalah orang yang bijaksana. Ia ingin mengetahui duduk persoalannya, tidak langsung menyerang begitu saja .Ia berusaha melihat secara jernih apa yang sedang dihadapi bangsa Israel dengan Amon.


Seorang Pemimpin tentu bukan hanya dilihat dari kepintaran saja, tetapi yang terpenting adalah kebijaksanaannya dalam menyelesaikan setiap persoalan/masalah. Amin

Penulis             : Pdt. Ina Ria Aty, S.Th



Terimakasih atas kunjungan Sobat sekalian.
Bila anda suka dengan artikel ini silahkan Follow via Twitter, Like Via Facebook, Share di jejaring sosial, atau berlangganan Artikel dari blog ini secara gratis. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah, secepat munggin saya akan balas dan perbaiki.
[mau copas artikel, silahkan tetapi tolong cantumkan sumbernya, demi kenyamanan kita semua].
Salam Blogger!!!
 photo Cap-TTd.jpg, Pondokfirman.blogspot.com.
Pdt. Andrey Christianto, S.Th
Admin

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

YEFTA ADALAH PEMIMPIN YANG BIJAKSANA (Hakim-Hakim 11:12-28) 4.5 5 Unknown Rabu, 25 Juni 2014 YEFTA ADALAH PEMIMPIN YANG BIJAKSANA   ( Hakim-Hakim 11:12-28) Yefta adalah seorang yang takut akan Allah, hal itu terbukti dengan ia ...


Jika anda merasa artikel di blog ini bermanfaat, Daftarkan email anda untuk mendapatkan update secara gratis langsung ke email anda dari Pondok Firman blog ini, jadi tunggu apalagi?? daftar sekarang juga..!! Gratis..!!!

author picture

About Author

Perkenalkan, Saya Pdt. Unknown, S.Th. Saya adalah seorang Bloger sederhana, yang mengisi waktu luang saya dengan mencoba sesutu yang baru yang bisa mengasah kreatifitas saya. Saya merupakan Owner beberapa Blog termasuk Blog:: Pondok Firman. Sejak tahun 2011 Saya bekerja sebagai vikaris di Resot GKE Seruyan Hulu. Salah satu pedalaman di Kalimantan Tengah yang masih jauh dari kemajuan, dan sekarang saya dipercayakan menjadi pendeta di Jemaat GKE Sungai Rangit, Pangkalan Bun, Kal-Teng. Untuk mengenal saya lebih dekat sobat sekalian bisa menghubungi saya melalui G+ @ Unknown , atau contact lainnya yang tertera di blog ini seperti Facebook or Twitter.

Tidak ada komentar

Posting Komentar