Loading...

Keluarga Sebagai Pembawa Syallom (Bagian IV) [Khotbah Minggu, 24 November 2013]

Keluarga sebagai pembawaSyallom (Bagian IV)

Nast Alkitab : Lukas 14 : 15 – 24
Tema            : “Undangan Tuhan”

pondokfirman.blogspot.com
A. Introduksi
Ketika kita menerima sebuah undangan untuk hadir dalam sebuah acara, respons kita ada dua: menghadiri atau tidak menghadiri. JikaTuhan yang mengundang saudara, apa respons saudara?   

B.Interpretasi dan Aplikasi
1. Tuhan menyampaikan undangan.
Biasanya, ketika kita hendak mengundang seseorang dalam suatu acara, kita terlebih dahulu menentukan siapa-siapa saja yang diundang, kemudian kita berikan undangan kepadanya dengan harapan ia dapat hadir dalam acara tersebut dan bersukacita bersama kita. Hal ini senada dengan tuan rumah dalam nas perumpamaan hari ini. Ia mengundang banyak orang untuk menghadiri perjamuan besar yang ia adakan (ay 16). Pada saat hendak dimulainya perjamuan tersebut, ia kembali menegaskan undangannya tersebut dengan mengirim hambanya kepada para undangan untuk memberitahukan bahwa segala sesuatunya sudah siap, suatu hal yang biasa dilakukan di Timur Tengah. Merunut pada perumpamaan ini, kita tahun bahwa tuan rumah itu adalah Tuhan Allah yang mengundang manusia pilihanNya (bangsa Israel) untuk hadir dalam perjamuan keselamatan yang diadakan Tuhan. Tentu saja, perjamuan yang telah direncanakan Tuhan itu mempunyai waktu tertentu yang disiapkan sedemikianrupa sehingga setiap orang yang hadir dapat ikut merayakannya. Ia telah mengirim para hambaNya untuk memberitahukan dan menegaskan undangan tersebut kepada para undangan. Oleh sebab itu kita melihat dalam bagian ini Tuhan telah memberikan undangan sekaligus peringatan waktu yang terbatas: PERJAMUAN SEGERAAKAN DILAKSANAKAN, OLEH SEBAB ITU SEGERALAH DATANG MENGHADIRINYA.

2.  Manusia menolak undangan Tuhan.
     Namun sayang, sungguh disayang, umat pilihanNya sendiri, bangsa Israel itu, menolak undangan Tuhan dengan memberikan berbagai alasan yang tampaknya tidak tepat dan tidak masuk akal (ay 18-20). Bahkan meskipun dengan alasan yang tepat, tampak bahwa bangsa pilihan itu telah menunjukkan keengganan dan ketidaktaatannya terhadap undangan Tuhan, Allah pencipta semesta alam. Inilah permasalahan besar umat Tuhan, bahkan hingga saat ini, yakni MENOLAK UNDANGAN TUHAN. Tuhan mengundang setiap orang untuk masuk dalam perjamuan keselamatan didalam Yesus Kristus, berapa banyak yang masih mengeraskan hatinya untuk tidak menerima undangan Tuhan melalui para utusannya, yang telah mengarungi benua, hutan dan belantara, sungai dan laut, hanya demi menyampaikan undangan Tuhan yang sungguh luar biasa ini? Saudaraku, ingatlah kata nas, "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman." (Ibr. 3:15). Karena waktu Tuhan sungguh tepat dan tidak dapat diundur-undur lagi. Ia telah menetapkan satu waktu perjamuan besar bagi setiap orang yang berkenan menghadiri undangannya.

3.  Perayaan perjamuan Tuhan bagi setiap orang yang menghadirinya.
Maka, jika saudara mendengar undangan Tuhan, segeralah datang dan menghadiri undanganNya yang sungguh luar biasa itu, ajaklah semua orang di sekitarmu untuk menghadiri undangan tersebut, karena “RUMAHKU HARUS PENUH” (ay 23). Kitalah orang-orang yang sebenarnya adalah orangmiskin, cacat, buta dan lumpuh, yang sangat membutuhkan pengasihan Allah.Kitalah orang-orang yang ada di jalan dan lintasan yang sedang kebingungan mencari jalan kebenaran itu. Maka jika saudara mendengar undangan Tuhan, yakni undangan keselamatan yang telah disampaikan oleh para utusan Tuhan, bersegeralah dan bergegaslah untuk mendengar dan taat kepada undangan tersebut.Marilah kita datang berduyun-duyun dalam perjamuan besar yang diadakan Tuhan, seluruh keluarga kita, orang-orang di sekitar kita, tanpa ketinggalan satu orang pun. Penuhilah rumah perjamuan itu dan bersukacitalah, karena keselamatan itu telah diberikan kepada kita di dalam Yesus Kristus. Amin.

Sumber Artikel/Penulis : Khotbah Minggu GKE



Terimakasih atas kunjungan Sobat sekalian.
Bila anda suka dengan artikel ini silahkan Follow via Twitter, Like Via Facebook, Share di jejaring sosial, atau berlangganan Artikel dari blog ini secara gratis. Bila ada masalah dalam penulisan artikel ini silahkan kontak saya melalui kotak komentar yang ada dibawah, secepat munggin saya akan balas dan perbaiki.
[mau copas artikel, silahkan tetapi tolong cantumkan sumbernya, demi kenyamanan kita semua].
Salam Blogger!!!
 photo Cap-TTd.jpg, Pondokfirman.blogspot.com.
Pdt. Andrey Christianto, S.Th
Admin

:::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

Keluarga Sebagai Pembawa Syallom (Bagian IV) [Khotbah Minggu, 24 November 2013] 4.5 5 Unknown Sabtu, 23 November 2013 K eluarga sebagai pembawaSyallom (Bagian IV) Nast Alkitab : Lukas 14 : 15 – 24 Tema            :  “Undangan Tuhan” A. Introduksi...


Jika anda merasa artikel di blog ini bermanfaat, Daftarkan email anda untuk mendapatkan update secara gratis langsung ke email anda dari Pondok Firman blog ini, jadi tunggu apalagi?? daftar sekarang juga..!! Gratis..!!!

author picture

About Author

Perkenalkan, Saya Pdt. Unknown, S.Th. Saya adalah seorang Bloger sederhana, yang mengisi waktu luang saya dengan mencoba sesutu yang baru yang bisa mengasah kreatifitas saya. Saya merupakan Owner beberapa Blog termasuk Blog:: Pondok Firman. Sejak tahun 2011 Saya bekerja sebagai vikaris di Resot GKE Seruyan Hulu. Salah satu pedalaman di Kalimantan Tengah yang masih jauh dari kemajuan, dan sekarang saya dipercayakan menjadi pendeta di Jemaat GKE Sungai Rangit, Pangkalan Bun, Kal-Teng. Untuk mengenal saya lebih dekat sobat sekalian bisa menghubungi saya melalui G+ @ Unknown , atau contact lainnya yang tertera di blog ini seperti Facebook or Twitter.

2 komentar...add one:

  1. artikel yang mantap...
    makasih bang atas postingan firmannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sip, mkasih jga udah mampir bro... and mkasih juga atas totur Blogspotx... sangat membantu saya... khususx spaya Blokx ga Lemot... GBU

      Hapus

Anonim mengatakan...

artikel yang mantap...
makasih bang atas postingan firmannya

Unknown mengatakan...

iya sip, mkasih jga udah mampir bro... and mkasih juga atas totur Blogspotx... sangat membantu saya... khususx spaya Blokx ga Lemot... GBU